Pengertian dan Komponen Lingkungan Hidup

Pengertian dan Komponen Lingkungan Hidup - Membahas tentang lingkungan hidup tentunya tidak akan jauh-jauh dengan keadaan sekitar kita, biasanya hal yang dibahas dalam lingkungan hidup ini seperti kerusakan lingkungan maupun bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan pencemaran udara, tanah maupun air.

Apakah kalian semua sudah tahu apa makna sebenarnya dari lingkungan hidup?, jika anda masih belum mengerti, kali ini anda bisa membaca ulasan yang saya berikan. Karena disini Ilmu Pedial akan membahas mengenai Pengertian dan Komponen Lingkungan Hidup.
Pengertian dan Komponen Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup

Jika dilihat secara umum, maka lingkungan hidup menunjukan pada berbagai macam organisme disekitar yang sedang melangsungkan kehidupannya. Lingkungan sekitar dapat diartikan sebagai segala benda hidup maupun tak hidup seperti tanah, air, udara dan lainnya yang berperan sebagai pendukung keberadaan dan kehidupan makhluk hidup.

Dalam undang-undang nomor 23 tahun 1997 yang mengatur tentang pengelolaan lingkungan hidup menyebutkan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk manusian dan perilakunnya, yang akan mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup yang lain.

Otto Sumarwoto (1989) mengemukakan pendapat mengenai Lingkungan Hidup, menurutnya lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan segala benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang memengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi lingkungan hidup, apa sajakah yang mempengaruhi lingkungan hidup. berikut penjelasannya

  • Hubungan dan interaksi antara unsur dan makhluk hidup, interaksi ini tidak hanya menyakut hubungan Biofisik saja, melainkan juga menyangkut hubungan sosial dalam unsur lingkungan yang terdiri dari benda hidup dan dinamis.
  • Kondisi mengenai unsur lingkungan
  • Jumlah dan jenis dari masing-masing unsur lingkungan
  • Kondisi fisik seperti kondisi suhu, kebisingan dan cahaya

Komponen Lingkungan Hidup

Secara umum, unsur dari lingkungan hidup dibedakan menjadi dua, dantaranya yaitu lingkungan biotik dan abiotik. Apa yang dimaksud dengan lingkungan biotik dan abiotik? berikut penjelasannya

1. Lingkungan Biotik
Lingkungan Biotik atau linngkungan Organik merupakan penghuni lingkungan yang berupa Mikroorganisme seperti virus, bakteri, hewan, tumbuhan dan manusia. Secara khusus, jenisl lingkungan biotik diklasifikasi menjadi
  • Produsen, yang menjadi produsen disini adalah tumbuhan karena tumbuhan bertugas untuk memproduksi dan membuat makanan untuk dirinya sendiri dan makhluk hidup lainnya.
  • Konsumen, yang menjadi konsumen disini ialah hewan dan manusia
  • Pengurai, tentunya yang menjadi pengurai yaitu mikroorganisme yang bertugas untuk merombak dan menghancurkan sisa-sisa dari organisme yang telah mati, yang termasuk kedalam organisme pengurai adalah bakteri, jamur, dan cacing tanah.
2. Lingkungan Abiotik
Lingkungan Abiotik adalah benda-benda mati (unsur anorganik) yang berada disekitar lingkungan hidup seperti batu, air, tanah, mineral dan udara. Jenis lingkungan ini juga sering disebut dengan lingkungan Anorganik.

Dari sudut pandang ekologi manusia, yaitu ilmu yang menganalisis dan mempelajari hubungan timbal balik (interaksi dan interelasi) antara manusia dan lingkungannya, unsur dari lingkungan hidup itu dibedakan menjadi tiga kelompok utama yaitu yaitu lingkungan alam (lingkungan fisik), budaya dan sosial
  • Lingkungan alam merupakan kondisi alamiah mengenai suatu wilayah yang meliputi kondisi iklim, fisiografi, tanah dan batuan.
  • Lingkungan budaya adalah benda-benda yang merupakan hasil dari karya manusia, seperti karya seni, bangunan, tata kelembagaan sosial dan sistem kepercayaan.
  • Lingkungan sosial merupakan manusia dengan segala karakternya melakukan aktivitas, baik secara individu, maupun sebagai makhluk sosial,
Demikian penjelasan mengenai Pengertian dan Komponen Lingkungan Hidup kali ini. Semoga saja dapat menambahkan wawasan kita semua, mohon maaf jika da informasi yang salah dalam artikel kali ini.

0 Response to "Pengertian dan Komponen Lingkungan Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel